Monday, March 5, 2012

Manusia dan Kebudayaan

Kebudayaan di Indonesia sebenarnya sangatlah penting untuk kita jaga, karena kebudayaan itu merupakan ciri bangsa Indonesia dan mencerminkan perilaku warga negaranya. Dengan segi geografis negara Indonesia sangat banyak budaya yang kita miliki dan beragam macamnya, dan seharusnya kita jaga untuk menjaga identitas kita sebagai bangsa Indonesia. Tetapi pada kenyataannya banyak dari warga negara Indonesia yang lupa dengan budaya asli Indonesia entah sengaja lupa atau bahkan lupa karena tergerus budaya barat yang jaman sekarang mudah sekali di akses dengan tersedianya internet. Saya tidak memungkiri bahwa saya pribadi termasuk orang yang lupa pada budaya asli Indonesia karena tergerus perkembangan budaya barat, tetapi saya tetap orang Indonesia, bagaimanapun apapun yang saya lakukan tetap berhubungan dengan berbudaya Indonesia.

Hubungan antara manusia dan kebudayaan dapat terlihat dari kehidupan manusia itu sendiri terhadap perilaku sehari hari, contoh budaya mengucapkan salam ketika bertamu atau bertemu seseorang sesuai ketentuan budaya di masing masing daerah, dan banyak contohnya di tiap daerah untuk acara tertentu, misalnya acara pembakaran mayat atau biasa di sebut ngaben di daerah Bali, ada juga budaya sisingaan untuk merayakan acara sunatan anak laki laki di daerah Subang, dan masih banyak lagi.

Hakekat manusia adalah seharusnya sebagai penjaga kebudayaan di daerah masing masing, tidak terlalu terfokus untuk up to date terhadap budaya luar. Karena bagaimanapun kita sebagai manusia yang lahir di tanah air Indonesia sepatutnya untuk terus melestarikan budaya turun temurun asli Indonesia. Boleh saja untuk up to date terhadap budaya luar tetapi tetaplah seimbang. Tetap ingat pada asal usul kta sebagai warga negara Indonesia yang berbudaya asli Indonesia.

Kalau saya boleh mengutip dari sebuah buku karangan Koentjaraningrat yang berjudul "Beberapa Pokok Antropologi Sosial" yang saya dapat dari http://elearning.gunadarma.ac.id/docmodul/pengantar_antropologi/bab3-unsur-unsur_kebudayaan.pdf, unsur-unsur kebudayaan itu ada 7 (tujuh), yaitu :
1.Bahasa
2.Sistem Pengetahuan
3.Organisasi Sosial
4.Sistem Peraltan dan Teknologi
5.Sistem Mata Pencaharian Hidup
6.Sistem Religi
7.Kesenian

Demikian artikel ini saya buat untuk memenuhi tugas Ilmu Budaya Dasar.
Mohon maaf apabila masih di bawah standar Ibu Relly.
Terima Kasih

No comments:

Post a Comment