Thursday, April 26, 2012

Manusia dan Tanggung Jawab

MANUSIA DAN TANGGUNG JAWAB

PENGERTIAN TANGGUNG JAWAB
Tanggung jawab menurut kamus umum Bahasa Indonesia adalah, keadaan wajib menanggung segala sesuatu, sehingga bertanggung jawab menurut kamus umum Bahasa Indonesia adalah berkewajiban menanggung, memikul jawab, menanggung segala sesuatunya atau memberikan jawab dan menanggung akibatnya.
Tanggung jawab adalah kesadaran manusia akan tingkah laku atau perbuatan yang disengaja maupun yang tidak di sengaja. Tanggung jawab juga berarti berbuat sebagai perwujudan kesadaran akan kewajiban.
Seorang mahasiswa mempunyai kewajiban belajar, Bila belajar, maka hal itu berarti ia telah memenuhi kewajibannya. Berarti ia telah bertanggung jawab atas bannya. Sudah tentu bagaimana kegiatan belajar si mahasiswa, itulah kadar pertanggung jawabannya, Bila pada ujian ia mendapat nilai A, B atau C itulah kadar pertanggung jawabannya. Seseorang mau bertanggung jawab karena ada kesadaran atau keinsafan atau pengertian atas segala perbuatan dan akibatnya dan atas kepentingan pihak lain. Timbulnya tanggung jawab karena manusia itu hidup bermasyarakat dan hidup dalam lingkungan alam. Manusia tidak boleh berbuat semaunya terhadap manusia lain dan terhadap alam lingkungannya. Manusia menciptakan keseimbangan, keselarasan, antara sesama manusia dan antara manusia dan lingkungan. 
Tanggung jawab bersifat kodrati, artinya sudah menjadi bagian kehidupan manusia, bahwa setiap manusia pasti dibebani dengan tanggung jawab. Apabila ia tidak mau bertanggung jawab, maka ada pihak lain yang memaksa tanggung jawab itu. Dengan demikian tanggung jawabitu dapat dilihat dari dua sisi yaitu dari sisi yang berbuat dan dari sisi yang kepentingan pihak lain. Dari sisi si pembuat ia harus menyadari akibat perbuatannya itu dengan demikian ia sendiri pula yang harus memulihkan ke dalam keadaan baik. Dari sisi pihak lain apabila si pembuat tidak mau bertanggung jawab, pihak lain yang akan memulihkan baik dengan cara individual maupun dengan cara kemasyarakat.
Apabila dikaji, tanggung jawab itu adalah kewajiban atau beban yang harus dipikul atau dipenuhi, sebagai akibat perbuatan pihak yang berbuat, atau sebagai akibat dari perbuatan pihak lain, atau sebagai pengabdian, pengorbanan pada pihak lain. Kewajiban beban itu ditujukan untuk kebaikan pihak yang berbuat sendiri atau pihak lain
Tanggung jawab adalah ciri manusia beradab (berbudaya). Manusia merasa bertanggung jawab karena ia menyadari akibat baik atau buruk perbuatan yaitu, dan menyadari pula bahwa pihak lain memerlukan pengabdian atau pengorbanannya. Untuk memperoleh atau meningkatkan kesadaran bertanggung jawab perlu ditempuh usaha melalui pendidikan, penyuluhan, keteladanan dan takwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.

Bentuk tanggung jawab yang ada di sekitar kita ada banyak contohnya.

1. Tanggung jawab terhadap diri sendiri.
Tanggung jawab ini sangatlah penting untuk dipupuk dari usia dini, contoh membiasakan anak untuk bertanggung jawab terhadap barang miliknya atau bertanggung jawab membereskan kembali mainan yang telah selesai di mainkan. Untuk usia remaja ke usia dewasa harus bisa bertanggung terhadap peran masing masing. Contoh : remaja sudah harus bisa bertanggung jawab terhadap pengaturan keluar masuk uang jajan yang diterimanya, atau sudah mulai di arahkan untuk membuka usaha sendiri agar tidak terlalu bergantung kepada uang dari orang tua. Untuk usia dewasa bisa berbentuk tanggung jawab terhadap beban pekerjaan yang diterimanya dan harus bisa melaksanakan beban yang sudah diberikan kepadanya dari perusahaan tempat dia bekerja.

2.Tanggung jawab terhadap Tuhan
Tanggung jawab bentuk ini juga sangat penting, karena tanpa tanggung jawab ini orang akan lupa kepada siapa dia harus berterima kasih terhadap segala nikmat yang telah di dapatnya.
Realisasi terhadap tanggung jawab terhadap Tuhan adalah berbentuk ibadah yang harus dijalankan,beramal kepada sesama manusia, karena dengan ini manusia bisa mensyukuri rejeki yang diterimanya. Pelanggaran dari hukuman hukuman tersebut akan segera diperingatkan oleh tuhan dan jika dengan peringatan yang keras pun manusia masih juga tidak menghiraukan maka tuhan akan memberikan kutukan. Sebab dengan mengabaikan perintah perintah tuhan berarti mereka meninggalkan tanggung jawab yang seharusnya dilakukan manusia terhadap tuhan sebagai penciptanya, bahkan untuk memenuhi tanggung jawabnya manusia perlu pengorbanan.

3.Tanggung jawab terhadap bangsa dan negara
Satu kenyataan lagi, bahwa tiap manusia, tiap individu adalah warga negara suatu negara. Dalam berpikir, berbuat, bertindak, bertingkah laku manusia terikat oleh norma norma atau aturan aturan yang dibuat negara. Manusia tidak dapat berbuat semaunya sendiri. Bila perbuatan manusia itu salah, maka ia harus bertanggung jawab terhadap negara.
Sebagai penutup, apapun tanggung jawab yang ada di depan kita, kita harus melaksanakan sesuai dengan aturan yang ada. Agar apapun yang kita hadapi nanti akan berjalan lancar kedepannya.

Demikian artikel ini saya buat, tulisan ini murni buah pikir saya mohon maaf jika ada salah.

Terima kasih.

No comments:

Post a Comment